Berita buruk datang bagi pengguna mini laptop Dell Inspiron Mini 9, bahwa telah terdapat error partisi yang terbatas pada space harddisk di kapasitas 8GB dan SSD 16GB. Masalah partisi media penyimpanan yang error ini membatasi harddisk computer untuk hanya menggunakan space 4GB, tanpa menghiraukan kapasitas harddisk itu sendiri. Error partisi ini akan berpengaruh pada sistem dalam harddisk computer yang berjalan di Linux Ubuntu. Berdasarkan data dari Ubuntumini, kasus ini terjadi karena Dell telah menggunakan image disk yang sama untuk memformat setiap computer yang berjalan di sistem Ubuntu, tanpa mempedulikan kapasitas harddisk sesungguhnya.

 

 

 

 

 

Untuk itu, user dapat menggunakan command line di Linux yang dapat mengecek kapasitas partisi harddisk Inspiron Mini 9 dengan melakukan beberapa langkah mudah.
Buka terminal dan masukkan perintah “sudo fdisk -l” (tanpa tanda petik)
Masukkan password
Kemudian user akan melihat gambar di atas yang menampilkan keseluruhan kapasitas harddisk user, lalu diikuti dengan kapasitas partisi Dell user, dan bagian inilah yang harus diupdate untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Terdapat beberapa pilihan untuk memperbaiki kesalahan partisi :
Jika user memiliki USB DVD drive, maka user dapat menggunakan system restore disc untuk menginstal Ubuntu menurut user. Dengan begitu berarti akan menformat kembali keseluruhan drive.

Atau user dapat mengubah kapasitas partisinya. Hal yang termudah untuk melakukannya adalah dengan mendownload dan menginstal Parted Magic ke flash disk USB, dan kemudian booting dari drive tersebut. Jalankan manager partisi gParted, dan user akan melihat partisi sisa space selain 4GB yang terinstal di Ubuntu dengan kapasitas harddisk 8GB dan 12GB. Ubah partisi 4GB lalu ganti partisi sesuai kebutuhan, simpan perubahan yang dilakukan dan restart computer.